Bersama UIN Ar-Raniry, Mahasiswa UPSI Malaysia Laksanakan Program Pengabdian Masyarakat





Sebanyak 28 mahasiswa dan dua dosen dari Universitas Pendidikan Sultan Idris (UPSI) Malaysia melaksanakan program pengabdian masyarakat di Banda Aceh, Aceh Besar dan sekitarnya.

Kegiatan yang bertema “GLOBAL STUDENT OUTREACH Malaysia – Indonesia 2017”, ini berlangsung dari tanggal 28 sampai 1 September 2017. Melibatkan mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Ar-Raniry, Dosen UIN Ar-Raniry dan Alumni UPSI Chapter Aceh.


Beberapa kegiatan yang dilakukan antara lain Dialog Budaya dan Persembahan Budaya di Ruang Theater UIN Ar-Raniry, Praktek Pengajaran di SMP Negeri 8 Banda Aceh dan SD 18 dan Program Anak Angkat di Desa Lieue Darussalam Aceh Besar.

Dalam sambutannya saat penglepasan mahasiswa di Desa Lieue, Kecamatan Darussalam, Kabupaten Aceh Besar, Aceh Besar, Drs. Jakfar Puteh (Kepala Lembaga Pengabdian Masyarakat UIN Ar-Raniry) menyebutkan, program yang dilakukan mahasiswa Malaysia ini, seperti halnya program Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) di Indonesia.

Karenanya, dia berpesan kepada masyarakat agar mampu memberikan pengajaran tentang nilai-nilai keacehan dan islami, sehingga mahasiswa mendapatkan pengajaran yang baik tentang Aceh dan Indonesia.

Sementara dosen pendamping, Dr. Mohd Izwan bin Shahril, menyatakan, sangat terkesan dengan penyambutan yang mereka di sini, baik dari sivitas akademika UIN Ar-Raniry maupun masyarakat Aceh.


Menurut Dr. Mohd Izwan bin Shahril, program tersebut yang biasanya mereka lakukan di wilayah Indonesia lainnya seperti Jogyakarta dan Bandung, tahun ini mereka laksanakan di Aceh. Tujuannya, untuk dapat lebih mengenal Aceh sebagai wilayah yang melaksanakan syariat Islam dan dapat memberikan pengalaman kepada mahasiswa, sebelum mereka melaksanakan praktek mengajar nantinya di Malaysia.

Sekretaris alumni UPSI chapter Aceh, Ida Fitria, M.Sc, mengharapkan, agar kegiatan ini dapat mempererat hubungan Indonesia, khususnya Aceh dengan Malaysia. Pihaknya juga bertekad untuk dapat mengambil manfaat sebaik-baiknya dalam hubungan ini. Terutama, terkait dalam bidang pendidikan dan pembangunan karakter masyarakat.

Anda mungkin menyukai postingan ini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar